Cara Flashing Samsung Galaxy Grand Duos via Odin

Posted by

Cara Flashing Samsung Galaxy Grand Duos GT-I9082 via Odin | Androidtechnicia.net - Tutorial kali ini membahas tentang cara flash samsung galaxy grand duos via odin. Jika sebelumnya saya bagikan link download software odin lengkap, kali ini saya akan menjelaskan tentang penggunaanya untuk melakukan flashing stock rom samsung galaxy grand duos gt-i9082. Proses flashing bisa juga di katakan install ulang software pada smartphone, biasanya flashing digunakan ketika ponsel mengalami error seperti bootloop, sering hang, terkena virus, hingga mati total. Sebenaarnya bisa juga melakukan favtory reset untuk mengatasi masalah seperti di atas, namun tidak semua masalah diatas bisa dilakukan dengan factory reset seperti misalnya bootloop dan mati total. Di butuhkan firmware stock rom baru untuk mengembalikan smartphone kembali seperti semula.

Cara Flashing Samsung Galaxy Grand Duos via Odin

Untuk melakukan Flashing pada Samsung Galaxy Grand Duos GT-I9082 dibutuhkan bantuan software dan perangkat PC untuk memudahkan install ulang stock rom. Software yang dibutuhkan bernama Odin. Odin merupakan software utilitas yang dikembangkan dan digunakan secara internal oleh Samsung yang bisa digunakan untuk flashing firmware. Tutorial kali ini di tujukan untuk kalian yang mengalami masalah pada smartphone samsung galaxy grand duos seperti bootloop, hardbrick, softbrick, atau intinya ponsel tidak mau hidup dan hanya berhenti di logo Samsung saja, langkah yang paling efektif untuk mengembalikan ponsel Samsung Galaxy Grand Duos agar bisa hidup kembali adalah dengan melakukan flashing atau install ulang Stock ROM bawaan Samsung Galaxy Grand Duos GT-I9082.
Baca juga :
Oke, langsung saja sebelum melangkah ke tutorial saya akan menjelaskan apa saja bahan yang di butuhkan untuk melakukan flashing, simak ulasan selengkapnya di bawah ini :

Bahan-bahan 
  1. Firmware Samsung Galaxy Grand Duos GT I9082
  2. Samsung Odin
  3. Kabel data
  4. PC/laptop
Tutorial Flash Firmware Samsung Galaxy Grand Duos:
  1. Download semua bahan diatas
  2. Ekstrak firmware Galaxy Gt-I9082  dengan win rar hingga menemukan file .md5
  3. Ekstrak file Odin dan Install Odin v3.09 dengan cara klik kanan kemudian pilih Run As Administrator dan pilih Yes
    Cara Flashing Samsung Galaxy Grand Duos via Odin
  4. Matikan galaxy anda. tekan dan tahan tombol Vol bawah+Home+Power hingga muncul download mode.
  5. Pilih lanjutkan dengan menekan volume atas
  6. Hubungkan ponsel Samsung Galaxy Grand Duos ke PC/laptop, pastikan terhubung
  7. Buka odin v3.09 dan lihat apakah di kolom ID:COM berwarna biru. jika belum berarti ponsel anda belum terdeteksi 
  8. Jika ID:COM sudah berwarna biru berarti sudah siap ke tahap proses Flash
  9. Klik PDA pada odin dan arahkan file firmware yang di extrack tadi dan pilih I9082XXXXX.md5 intinya seperti itulah nama file yang tadi sudah di ekstrak.
  10. Tunggu sebentar hingga odin success menyiapkan file
  11. Klik START di odin tunggu sampai proses selesai (PASS) Galaxy inti restart otomatis. selesai
  12. Sebelum ponsel hidup, langsung matikan saja dengan cara tekan tombol power lama atau langsung cabut baterai. Setelah itu pasang lagi baterai dan masuk ke Recovery Mode dengan cara, dalam keadaan ponsel mati tekan tombol volume up + tombol home + tombol power secara bersamaan, sampai ponsel bergetar kemudian lepaskan. Ingat! Dalam mode recovery, memilih menu dengan menggunakan tombol volume up dan volume down, sedangkan untuk ENTER gunakan tombol power. Pilih menu Wipe data/ Factory Reset >> Yes >> tunggu proses Factory reset. Setelah selesai pilih Reboot system now.
Demikian artikel dari saya tentang Cara Flashing Stock Rom Samsung Galaxy Grand Duos GT I9082 kurang lebihnya mohon maaf semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih


Blog, Updated at: 6:02:00 AM

0 comments:

Post a Comment